Rabu, 05 Februari 2014

Pembahasan IPA BIOLOGI kelas X Tugas 6.4, 6.5, halaman 134 , 137

Selamat malam semuaaa..
semoga postingan saya kali ini dapat membantu teman-teman semua yang masih mau berusaha untuk mengerjakan PR yang di beri guru kalian masing-masing. Jelas, hari gini gituuu saya yakin banyak diantara kalian yang lebih memilih mencari jawabannya di internet. iya kannn??? karena sudah tidak bisa dipungkiri, memang anak remaja sekarang (termasuk saya) tidak bisa jauh dari gadgetnya ( asal jangan jauh dari Tuhan aja yaa ) hehe :D

 Oke, sebenarnya sama menulis ini dikarenakan saya juga sedang mencari bahan-bahan yang akan saya salin sebagai jawaban di buku tugas saya. "Berbagi itu indah", maka dari itu saya ingin memberi postingan untuk kalian ini. Saya juga dapat dari postingan blog lain hehee .. Semoga membantu yaaaaaaaaaaa ^^

NOTE : SARAN SAYA, RANGKUM SAJA JAWABAN YANG SUDAH SAYA POSTING DISINI. AMBIL INTINYA SAJA YANG MENURUT KALIAN PENTING DAN MUDAH DIPAHAMI.



                   TUGAS 6.4 halaman 134




1.Sejarah terjadinya daerah biogeografi
Sejarah terjadinya daerah biogeografi bisa karena:
1.       Persebaran hewan
2.       Setiap spesies mempunyai kemampuan berbeda-beda mengatasi hambatan. Jika tidak ada hambatan maka persebaran akan berjalan terus
3.       Migrasi  Massal,Biasanya kalau hewan sudah tidak cocok dengan habitatnya maka hewan migrasi massal
4.       Terpisahnya pulau yang dulu adalah satu
5.       Perbedaan Wilayah contoh hewan yang bebulu lebat berada di daerah dingin
       2.Fauna di daerah tersebut
a.                        Nearktik(daerah Amerika Utara,Amerika Serikat,Greenland)
Fauna Utama: Hewan khas daerah ini adalah ayam kalkun liar, tikus berkantung di Gurun Pasifik Timur, bison, muskox, caribau, domba gunung.
Antilop
Bison Amerika
a.       Palearktik(hampir seluruh benua Eropa, Uni Sovyet, daerah dekat Kutub Utara sampai Pegunungan Himalaya, Kepulauan Inggris di Eropa Barat sampai Jepang, Selat Bering di pantai Pasifik, dan benua Afrika paling Utara).
Fauna Utama: Panda di Cina, unta di Afrika Utara, binatang kutub seperti rusa Kutub, kucing Kutub, dan beruang Kutub.
Panda

Unta

Yak

Beruang
a.       Neotropikal(Wilayah persebarannya meliputi Amerika Tengah, Amerika .Selatan, dan sebagian besar Meksiko)
FaunaUtama:ikan Piranha dan Belut listrik di Sungai Amazone, Lama (sejenis unta) di padang pasir Atacama (Peru), tapir, dan kera hidung merah. beberapa spesies monyet, trenggiling, beberapa jenis reptil seperti buaya, ular, kadal, beberapa spesies burung, dan ada sejenis kelelawar penghisap darah
Piranha

a.       Oriental(wilayah ini tersebar di kawasan Asia terutama Asia Selatan dan Asia tenggara)
Fauna Utama: Hewan yang khas wilayah ini adalah harimau, orang utan, gibbon, rusa, banteng, dan badak bercula satu. Hewan lainnya adalah badak bercula dua, gajah, beruang, antilop berbagai jenis reptil, dan ikan
Badak Bercula dua

Gajah

a.       Ethiopia(Wilayah persebarannya meliputi benua Afrika, dari sebelah Selatan Gurun Sahara, Madagaskar dan Selatan Saudi Arabia)
Fauna Utama: gajah Afrika, badak Afrika, gorila, baboon, simpanse, jerapah. Mamalia padang rumput seperti zebra, antilope, kijang, singa, jerapah, harimau, dan mamalia pemakan serangga yaitu trengiling. Mamalia endemik di wilayah ini adalah Kuda Nil yang hanya terdapat di Sungai Nil, Mesir
Gorilla

Singa


Kuda Nil

a.       Australia(Wilayah ini mencakup kawasan Australia, Selandia Baru, Irian, Maluku, dan pulau-pulau sekitarnya)
Fauna Utama: Beberapa hewan khas wilayah ini adalah kanguru, kiwi, koala, cocor bebek (sejenis mamalia bertelur). Terdapat beberapa jenis burung yang khas wilayah ini seperti burung cendrawasih, burung kasuari, burung kakaktua, dan betet)
Cendrawasih

Kangguru

Koala

 Daftar Puskata:
Tugas Geografi di SMA



source : http://fuadahmadii.blogspot.com/2012_10_01_archive.html
 THANKS FOR FUADAH'S BLOG!! :)




Tugas 6.5 halaman 137 

1. Hubungan antara letak astronomis dan geografis Indonesia dengan biodiversitas?
Jawaban : letak astronomis dan geografi membedakan bagian bumi itu menjadi beberapa bagian. indonesia berdaerah tropis sehingga tanamannya beraneka ragam. pada zaman dulu indonesia bersatu dengan asia dan australia dan ini menyebabkan binatang di indonesia memiliki kemiripan dengan yang berada di asia dan australia. selain itu jenis hewan di indonesia dibedakan menjai 3 yang dibagi oleh garis geografis weber dan wallace.
 
2.  Letak biografis Indonesia dan hubungannya dengan fauna Indonesia
Jawaban : Garis Wallace dan Weber yang membagi Indonesia menjadi 3 bagian yaitu wilayah oriental (Indonesia bagian barat), wilayah peraligan (Sulawesi dan daerah sekitarnya), wilayah Australian ( Indonesia bagian timur) yang menyebabkan fauna-fauna yang ada di Indonesia terbagi de dalam 3 kelompok berdasarkan wilayah tersebut.

3. Garis Wallace dan garis Weber
Jawaban :
Garis wallce : garis yg memisahkan jenis fauna Indonesia bagian barat dg bagian tengah  (sebuah garis hipotetis yang memisahkan wilayah geografi hewan Asia dan Australasia.) >> Selat Makasar menuju Selat Lombok) Sumatra, Jawa, Bali, dan Kalimantan.
Garis Weber: garis yg memisahkan jenis fauna Indonesia bagian timur dg bagian tengah ( menandai perbatasan fauna mamalia Australasia). >> Sulawesi, Papua, Irian Jaya, Maluku, NTB, NTT.

4. Keistimewaan zona peralihan Oriental dan Australia
Jawaban :
Keistimewaan Zona peralihan antara Oriental dan Australian bagian kepulauan indonesia ini merupakan daerah peralihan antara kawasan Australian dan Oriental. Daerah yang merupakan tempat peralihan yang mecolok adalah sulawesi.
sehingga hewan2 di area peralihan pun cukup langka seperti : dibagian tengah , seperti sulawesi terdapat hewan yang khas yaitu anoa,dan dipulau komodo terdapat komodo (biawak besar).

Begitupula dengan area Persebaran Tumbuhan di Garis pembatas. Indonesia memiliki 2 diantara 5 bioma didunia, yaitu bioma hutan hujan tropis dan bioma savanadi. Hutan hujan tropis, terdapat di sumatra & kalimantan serta bioma Savana terdapat di Irian, NTT, dan NTB.
Tumbuhan Khas hutan hujan tropis yang terkenal adalah rafflesia arnoldii. tumbuhan ini merupakan parasit yang hidup melekat pada akar atau batangtumbuhan pemanjat Tetrasigma. Penyebaran Rafflesia meliputi sumatra (Aceh , Bengkulu), Malaysia, Kalimantan dan jawa.
Di Papua ditemukan pohon buah khas yang disebut matoa (pometia pinnata). Matoa ini rasanya hampir mirip durian dan rambutan. Buah matoa berangkai seperti anggur berbentuk bulat kecil, dan berkulit tipis.

Source:


MAAF, UNTUK TUGAS 6.6 SAYA TIDAK IKUT SERTAKAN DALAM POSTINGAN INI. SELAIN, NO 1 NYA SUDAH SAYA KERJAKAN, NO 2 NYA ITU PAKAI GAMBAR. JADI TIDAK BISA DIJELASKAN DISINI HEHE... HEHEHE....  LAGIPULA, SAYA BELUM MENYALIN INI SEMUA KE DALAM BUKU TUGAS SAYA. BERHUBUNG SUDAH MALAM, SAYA AKHIRI POSTINGAN KALI INI DENGAN BACAAN "HAMDALAH".... SEMOGA BERMANFAAT YAAAAAAAA  !!! :)

Tidak ada komentar:

SINOPSIS BIARKAN MENGALIR SEPERTI AIR

Alea, remaja enam belas tahun yang berulang tahun setiap bulan Januari tidak pernah berharap Tuhan mendatangkan sahabat seperti seriga...